Kabel Jaringan Ethernet UTP Cat5e dan Cat6


Pada saat ini, hampir semua komputer sudah saling terhubung melalui jaringan (networking) baik itu jaringan intranet ataupun internet. Begitu juga dengan smartphone dan banyak peralatan elektronik lainnya seperti tv, speaker dan lainnya juga telah bisa terhubung dengan jaringan internet. 

Salah satu komponen penting yang berperan dalam terhubungnya jaringan itu adalah kabel jaringan. Kabel jaringan yang paling umum digunakan adalah kabel ethernet UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel jenis ini menjadi media transmisi yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer karena harganya yang relatif murah, mudah dipasang dan bisa diandalkan.Sesuai namanya, kabel ini terdiri dari kabel pasangan yang berpilin atau terbelit (twisted pair) yang tidak dilengkapi pelindung (unshielded). Fungsi lilitan ini untuk mengurangi interferensi dan crosstalk pada transmisi data. Selain UTP, ada juga kabel STP (Shielded Twisted Pair). Perbedaan antara keduanya hanya pada lapisan pelindung yang dimiliki oleh STP.

Untuk kabel UTP, ada beberapa jenis kategori yang menunjukkan kualitas dan jumlah kerapatan lilitannya. Dimana semakin tinggi kategorinya, semakin rapat lilitannya.
  • Kabel UTP Category 1
    Kabel jenis ini digunakan untuk komunikasi telepon yang cenderung memiliki kecepatan transmisi data yang rendah, sehingga tidak cocok untuk mentransmisikan data internet.
  • Kabel UTP Category 2
    Kabel jenis ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4Mbps.
  • Kabel UTP Category 3
    Kabel jenis ini digunakan pada jaringan berbasis 10BaseT, yang mampu mentransmisikan data sampai kecepatan 10Mbps.
  • Kabel UTP Category 4
    Kabel jenis ini sering digunakan pada topologi jaringan token ring. Kabel ini mampu mentransmisikan data sampai kecepatan 16Mbps.
  • Kabel UTP Category 5
    Kabel jenis ini mampu mentransmisikan data sampai kecepatan 100Mbps.
  • Kabel UTP Category 5e
    Pengembangan dari kabel Cat5 ini mampu mentransmisikan data sampai kecepatan 1000Mbps (1Gbps). Frekuensi sinyal yang dapat dilewatkan oleh kabel ini mencapai 100Mhz.
  • Kabel UTP Category 6
    Kabel jenis ini hampir sama dengan UTP Cat5e, dimana kabel ini mampu mentransmisikan data sampai kecepatan 10Gbps. Frekuensi sinyal yang dapat dilewatkan mencapai 250Mhz. Secara fisik terdapat separator yang terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair didalam kabel tersebut.
  • Kabel UTP Category 7
    Ini adalah jenis kabel baru masih dikembangkan. Mampu mentransmisikan data sampai kecepatan 10Gbps. Akan tetapi pada percobaan laboratorium, kabel ini bisa mencapai kecepatan sampai dengan 40 atau 50Gbps, bahkan sampai 100Gbps untuk jarak kabel 15m. Frekuensi sinyal yang dapat dilewatkan mencapai 600Mhz.

Cat 5e
Cat 6
Dari semua kategori tersebut, kabel yang paling umum digunakan pada saat ini adalah kabel jenis Cat5e dan Cat6. Kabel UTP Cat5e dan Cat6 terdiri dari empat pasang kabel yang terdiri dari pasangan warna oranye, hijau, biru dan coklat. Untuk menyambungkan kabel UTP ada standar urutan kabel yang harus kita ikuti agar kabel tersebut bisa mentransmisikan data antar perangkat yang terhubung ke kabel tersebut.

Ada 2 jenis sambungan yaitu : 
  1. Kabel Straight
    Jenis sambungan ini yang paling umum. Sambungan kabel ini untuk menghubungkan komputer ke switch/hub atau router. Untuk sambungan antara dua router/switch masa sekarang juga bisa menggunakan kabel jenis straight karena router/switch masa ini sudah dilengkapi fitur Auto MDI/MDI-X yang bisa membalikkan posisi transmit/receive data secara otomatis.

    Urutan kabel straight pada kedua ujung kabel umumnya adalah :
    Urutan Pin
    RJ45 [1]
    RJ45 [2]
    1
    Putih Orange
    Putih Orange
    2
    Orange
    Orange
    3
    Putih Hijau
    Putih Hijau
    4
    Biru
    Biru
    5
    Putih Biru
    Putih Biru
    6
    Hijau
    Hijau
    7
    Putih Coklat
    Putih Coklat
    8
    Coklat
    Coklat

  2. Kabel Cross Over
    Sambungan ini memiliki urutan kabel yang berbeda pada kedua ujungnya. Dimana urutan warna yang ditukar adalah urutan ke 1 dengan yang ke 3 dan urutan warna yang ke 2 dengan yang ke 6. Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama (NIC dengan NIC lainnya, hub dengan hub yang lainnya dan lain-lain).

    Urutannya adalah :
    Urutan Pin
    RJ45 [1]
    RJ45 [2]
    1
    Putih Orange
    Putih Hijau
    2
    Orange
    Hijau
    3
    Putih Hijau
    Putih Orange
    4
    Biru
    Biru
    5
    Putih Biru
    Putih Biru
    6
    Hijau
    Orange
    7
    Putih Coklat
    Putih Coklat
    8
    Coklat
    Coklat

Komentar

Postingan Populer