Membangun Webserver Lokal dengan XAMPP

Ketika kita akan memulai belajar pemrograman web, hal pertama yang harus kita siapkan adalah web server sebagai tempat untuk file web yang kita kembangkan. Kita bisa membuat webserver di komputer lokal kita sendiri sebagai server sementara sebelum file web kita upload ke web server production. Keuntungan webserver lokal adalah kita lebih mudah untuk mengupdate file file web yang kita kembangkan dan melihat hasilnya secara langsung.
Salah satu paket aplikasi webserver yang baik adalah XAMPP. XAMPP terdiri dari beberapa paket aplikasi yang mendukung sebuah webserver seperti Apache, PHP, MySQL Server, MariaDB, Perl. XAMPP bersifat gratis dan open source serta mendukung cross platform seperti Windows, Linux dan MacOS X.
XAMPP bisa di download di situs webnya : https://www.apachefriends.org
Kita bisa memilih versinya sesuai dengan OS yang kita gunakan.
Setelah berhasil didownload, jalankan file installernya dan ikuti sesuai dengan petunjuk instalasinya.
Setelah berhasil di install, untuk menjalankan web servernya, klik tombol Start pada fungsi Apache dan Mysql di XAMPP Control Panel. Jika fungsi sudah berhasil dijalankan, maka tulisan akan berubah menjadi hijau.
Untuk mencoba apakah XAMPP sudah berjalan dengan baik, silahkan buka web browser dan ketik pada address bar : http://localhost
Apabila web browser dapat menampilkan halaman dashboard xampp artinya web server kita sudah berjalan dan kita dapat memulai development website kita.

Komentar

Postingan Populer