Pivot Table Pada Microsoft Excel

Pivot Table adalah sebuah tabel interaktif untuk menampilkan ringkasan data dalam jumlah yang besar dalam bentuk dan orientasi yang berbeda serta mampu melakukan kalkulasi pada setiap item yang dibutuhkan dengan menggunakan cara perhitungan sesuai kebutuhan. Pivot Table dirancang khusus untuk :
  • Membuat query sejumlah besar data dengan banyak cara yang mudah dikenali.
  • Membuat subtotal dan agregat data numerik, meringkas data menurut kategori dan subkategori, serta membuat penghitungan dan rumus custom.
  • Memperluas dan menciutkan tingkatan data untuk memfokuskan hasil Anda, dan menelusuri detail dari data ringkasan untuk area yang Anda inginkan.
  • Memindahkan baris ke kolom atau kolom ke baris untuk melihat ringkasan data sumber berbeda.
  • Memfilter, mengurutkan, mengelompokkan, dan menerapkan format bersyarat pada subset data yang paling berguna dan menarik, memungkinkan Anda untuk fokus hanya pada informasi yang diinginkan.
  • Menyajikan laporan yang ringkas, menarik, dan memuat anotasi.
Contoh penggunaan Pivot Table, berikut ini adalah daftar sederhana untuk pengeluaran rumah tangga disebelah kiri dan Pivot Table berdasarkan daftar tersebut di sebelah kanan :

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat Pivot Table yaitu :
  • Pastikan tidak ada baris atau kolom yang kosong pada range data yang akan Anda buat sebagai sumber data pivot table. Jika ada kolom atau baris kosong silahkan dihapus terlebih dahulu.
  • Setiap kolom pada data sumber harus mempunyai nama yang unik. Usahakan header atau judul kolom ini jangan terlalu panjang. Buat sesingkat mungkin untuk mewakili jenis data pada baris-barisnya.
  • Hindari penggunaan merge cell pada header atau baris pada sumber data Anda.
  • Tipe data pada setiap kolom harus sama. Misalnya, jangan mencampurkan tipe data tanggal dan teks dalam 1 kolom yang sama.


Komentar

Postingan Populer